Select Page

6 Tip Konten Media Sosial Anti-Mainstream

6 Tip Konten Media Sosial Anti-Mainstream

Dengan banyaknya orang yang membuat konten media sosial, Anda mungkin mengira bahwa membuat konten itu mudah. Padahal, membuat konten tidak semudah itu apalagi jika harus konsisten dalam membuatnya. Namun, Anda masih dapat membuat konten menarik dengan mengikuti 6 tip berikut.

Platform media sosial memberi kita banyak cara untuk berinteraksi satu sama lain, membagikan informasi, dan terhubung dengan brand-brand. Oleh sebab itu, para pemilik bisnis perlu memprioritaskan strategi media sosialnya. Namun, itu bukanlah perkara mudah.

konten media sosial

Sebagaimana yang diketahui social media marketer dan pemilik bisnis, membuat konten media sosial yang menarik secara konsisten tidak selalu mudah, terutama jika harus melakukan posting setiap hari agar dekat dan menyentuh target market.

Jika Anda adalah pemilik bisnis, mungkin Anda tertarik dengan virtual office.

Selain itu, ada lebih dari 3,8 miliar pengguna di berbagai jaringan sosial. Dan jumlah pemilik gawai terus meningkat dengan pesat. Artinya, Anda dapat mengakses jutaan pelanggan potensial yang aktif di situs tersebut dengan strategi yang tepat.

Apa saja? Simak ulasan berikut.

1. Kurangi Teks, Perbanyak Video

Pernah berhenti scroll media sosial karena ingin membaca teks panjang? Mungkin tidak meskipun dibuat oleh akun favorit Anda. Namun, jika iya, saya yakin Anda akan cepat bosan dan lanjut scroll ke bawah atau berpikir, “Hadeuh, ngomong apa aja, sih?”

Maksudnya adalah, Anda perlu membuat post yang jelas dan tidak bertele-tele. Ketika memasarkan brand di media sosial, jangan pernah lupa untuk menambahkan gambar atau video di setiap konten.

2. Gunakan Foto Asli

Jika Anda menggunakan foto yang diunduh dari berbagai sumber di setiap konten, ini saatnya untuk berhenti. Pasalnya, foto itu tidak sebagus foto asli. Akhirnya, hal itu berdampak buruk bagi SEO Anda.

Untuk membuktikannya, sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui respons masyarakat terhadap foto unduhan dan foto asli. Hasilnya? Pengunjung yang melihat foto asli 35% lebih tertarik membeli. Selain itu, penelitian terbaru menyatakan bahwa 62% konsumen lebih tertarik membeli produk yang memiliki gambar berkualitas tinggi.

Agar gambar Anda tampak asli dan unik, lakukan 3 hal berikut:

  1. Pekerjakan seorang fotografer andal untuk melakukan pemotretan produk Anda.
  2. Jika baru memulai bisnis, ambil gambar dengan ponsel bagus dan beberapa properti.
  3. Pastikan gambar sesuai dengan teks. Foto harus mampu menampilkan keseluruhan konsep dan menarik pengunjung.

3. Rombak Konten Media Sosial yang ‘Evergreen’

Apakah Anda tahu bahwa manusia cenderung dapat mengingat informasi visual 65% lebih lama daripada teks? Oleh karenanya, rombak konten populer terbaik Anda menjadi infografik, diagram, grafik, dan gambar media sosial.

Berikut tip-tip saat membuat grafik:

  • Tampilkan poin utama konten Anda.
  • Gunakan kutipan konten atau tulis kembali poin utama Anda agar lebih kekinian.
  • Gunakan templat dari platform, seperti Canva dan Piktochart untuk membuat grafik yang berkualitas.

4. Bagikan Testimoni & Ulasan Pelanggan

Bayangkan: Anda ingin membeli produk, tetapi ingin tahu lebih banyak tentang produk itu. Ketika mencari informasi, siapa yang Anda percaya? Sebagian besar konsumen mengatakan mereka lebih mempercayai ulasan orang dan 67,7% mengatakan bahwa itu menentukan apakah mereka jadi membeli atau tidak.

Jika ingin bisnis lancar, ulasan dari konsumen yang puas bisa menjadi senjata andalan Anda. Menampilkan ulasan dari pelanggan yang puas akan produk, layanan, atau layanan pelanggan Anda adalah cara terbaik untuk menunjukkan bahwa masyarakat menyukai dan memercayai bisnis Anda.

Jika Anda sudah melakukannya di website atau blog, pastikan untuk mencantumkannya juga di media sosial. Pilih testimoni dan ulasan terbaik, desain agar lebih mudah dibaca, dan buat takarir menarik yang sesuai dengannya.

5. Cari Tren Visual Terkini

Jika ingin membuat konten media sosial yang bergambar, Anda perlu tahu visual apa yang banyak disukai orang. Cari tren visual di media sosial dan Google. Anda juga bisa mencari di sosial media analytics and insights untuk melihat visual mana yang mendapatkan banyak tanggapan selama beberapa bulan terakhir.

Caranya:

  • Masuk ke Most Repinned Page di Pinterest.
  • Cari dengan menggunakan tagar paling populer di Instagram, misalnya #love. Cari gambar yang memiliki tagar tersebut dan simpan konten yang mendapatkan paling banyak tanggapan.
  • Periksa tagar kompetitor dan cari tagar yang sesuai industri Anda untuk menemukan yang sesuai.
  • Cari tren gambar populer di Google. Cari situs ternama untuk mengetahui tren gambar.
  • Lihat insight di Facebook dan Instagram untuk mengetahui performa konten terbaru Anda untuk menyesuaikan strategi media sosial selanjutnya.

6. Buat Kompetisi

Cara pasti dan tercepat untuk meningkatkan audien dan mendapatkan banyak tanggapan adalah melakukan kompetisi.

Berikut beberapa cara yang berhasil:

  1. Like, comment, dan share untuk mengikuti kompetisi.
  2. Tag teman. Semakin banyak teman yang di-tag semakin besar kemungkinan mereka dapat mengikuti kompetisi.
  3. Membuat konten media sosial. Pengguna membuat konten berdasarkan tema yang ditentukan dan minta mereka untuk men-tag akun bisnis Anda.

Mudah, kan? Namun, ingat! Selalu ikuti aturan melakukan kompetisi yang sudah diatur di tiap media sosial karena akan percuma kompetisi dibuat dengan banyak pengikut tetapi semua tata caranya menyalahi aturan. Bukannya untung, malah buntung.

About The Author

Nayanika Eleanor

Freelance content writer

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *