Select Page

Alasan Mengapa Desain Kemasan Produk Penting untuk UMKM

Alasan Mengapa Desain Kemasan Produk Penting untuk UMKM

Hal pertama yang akan dilihat dan dicermati oleh konsumen adalah kemasan produk. Apabila kemasan produk didesain secara sembarangan maka bisa saja produk akan kurang diminati oleh konsumen. Hal ini akan berlainan jika visual kemasan didesain menarik pasti konsumen akan tertarik dengan produk kita.

Dari sisi produsen mesti harus paham jika dalam kehidupan sehari-hari terdapat konsumen yang lebih tertarik pada kemasan daripada isi produk. Sehingga ketika mengolah layout, gambar, dan warna kemasan produsen harus jeli karena menjadi salah satu faktor yang penting.

1. Pengertian Desain Kemasan Produk

Desain kemasan produk adalah hasil dari proses usaha kreatif untuk memproses suatu benda yang nantinya akan diubah menjadi pembungkus maupun wadah untuk suatu produk yang dihasilkan oleh produsen. Proses dalam kegiatan ini antara lain, memilih bahan dasar dari kemasan, warna, elemen grafis hingga jenis font yang akan digunakan.

Sebuah desain akan dikatakan baik apabila di dalam desain kemasan produk dapat menyampaikan nilai cerita atau isi produk ke konsumen.

2. Fungsi Desain Kemasan Produk

desain kemaasan produk unruk umkm

Terdapat beberapa fungsi dari desain kemasan produk, diantaranya yaitu:

a. Menjadi media komunikasi mengenai isi produk dari produsen ke konsumen. Detail produk biasanya ditampilkan dalam informasi produk. Selain itu, yang akan terlukis pada visual kemasan produk yaitu adalah citra dari produk itu sendiri.

b. Penentu identitas produk. Branding produk akan secara tidak langsung terpengaruh dalam desain kemasan produk. Hal ini dikarenakan konsumen akan mengetahui identitas produk dalam sekali lihat.

c. Mewakili estetika produk. Desain kemasan produk dapat menjadi kunci utama dalam menjaring banyak konsumen. Hal ini karena terkadang terdapat produk yang sebenarnya mempunyai kualitas yang biasa saja, namun dengan desain kemasan yang menarik banyak konsumen yang membeli produk tersebut.

Baca juga: BRANDING BISNIS HANYA DENGAN SOSIAL MEDIA

Cara Membuat Desain Kemasan yang Unik

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat desain kemasan produk yang unik.

a. Produk apa yang akan Dijual?

Seberapa besar dan produk apakah yang hendak dijual? Lalu, material apa yang akan digunakan? Mungkin pertanyaan ini akan membantu Anda untuk menentukan bahan yang akan digunakan dalam kemasan produk.

b. Siapakah Pembelinya?

Apakah produk tersebut memiliki target pasar laki-laki atau perempuan? Hal ini menjadi penting karena desain kemasan produk untuk kedua jenis kelamin ini akan sangat berbeda.

c. Bagaimana Pembeli Mendapatkan Produk?

Menentukan bagaimana produk dijual juga merupakan salah satu kunci dalam memengaruhi produk tersebut dikemas. Misal, apabila produk tersebut dipasarkan melalui toko atau butik, sebaiknya produk tersebut dikemas dalam desain yang menarik sehingga dalam menarik perhatian pembeli.

Temukan informasi mengenai UMKM lainnya pada website UKM Digital.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *