Select Page

Bagaimana Nilai Brand Sekolah Anda Dalam Masyarakat ?

Bagaimana Nilai Brand Sekolah Anda Dalam Masyarakat ?

1 7

Brand value, brand fatigue, brand authority

 

Value proposition atau Nilai dari sebuah produk adalah salah satu elemen penting yang harus diperhatikan dalam brand sekolah. Dengan adanya value proposition, maka akan memudahkan sekolah untuk menunjukkan keunggulan sekolahnya kepada masyarakat yang lebih luas. Value proposition dikaitkan dengan penjelasan kenapa audiens harus bisa memilih memilih sekolah daripada yang lain.

Pada dasarnya value proposition merupakan sebuah nilai yang sudah dijanjikan oleh sekolah untuk bisa diterima oleh audiens apabila mereka akan masuk ke sekolah anda. Anda harus mampu meyakinkan audiens ( wali murid dan siswa ) agar yakin dengan pilihannya untuk ke sekolah anda.

Hal tersebut bisa dinyatakan dengan kalimat mengajak calon pelanggan untuk turut menggunakan produk ataupun layanannya. Jadi, dalam hal ini Anda harus mampu meyakinkan setiap calon pelanggan Anda agar yakin menggunakan produk dari anda.

Value proposition dibuat dengan suatu pernyataan yang lebih singkat dan juga jelas terkait apa yang bisa diperoleh audiens kita, jika mereka memilih sekolah anda. Hal itu bisa ditunjang dengan keunggulan fasilitas atau prestasi baik akademik dan non akademik.

Contohnya jika anda menyantumkan prestasi juara cerdas cermat nasional, atau juara olimpiade tingkat nasional, tentunya hal ini memberikan persepsi yang kuat kepada audiens

Untuk itu, salah satu media yang paling tepat untuk menempatkan value proposition adalah halaman beranda website. Kenapa? karena ketika seseorang mengunjungi website, halaman yang pertama kali mereka lihat pasti adalah halaman beranda.

Jika hanya dengan membaca halaman beranda mereka akan tahu keunggulan yang bisa didapat dalam sekolah anda, maka akan membuat brand sekolah anda semakin dikenal dan diminati.

Seringkali ditempatkan sub judul yang diberikan di bawah judul utama untuk memperluas penjelasan nilai apa yang disampaikan dan memberikan contoh spesifik mengapa hal tersebut menjadi keunggulan yang bisa didapatkan audiens jika memilih sekolah anda. Struktur semacam ini memungkinkan konsumen untuk memindai value proposition dengan cepat sehingga audiens dapat dengan mudah memahami apa saja yang bisa didapat jika mendaftar di sekolah anda beserta keunggulan keunggulannya.

Ada beberapa elemen penting yang harus diperhatikan sebelum anda membuat Nilai pada brand sekolah anda :

  1. Newness

Element ini berkaitan dengan pembaharuan yang ditawarkan oleh sekolah ke audiens. Inovasi apa yang mampu membuat brand sekolah anda bisa lebih unggul.

  1. Menyelesaikan Masalah

Elemen ini bisa idsandingkan dengan inovasi yang dilakukan bisa memberikan ekspektasi sesuai keperluan audiens. Singkatnya, inovasi yang dilakukan oleh sekolah dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi audiens.

  1. Aksesibilitas

Akseseibilitas adalah sebuah nilai yang menawarkan kemudahan akses untuk banyak orang. Kita sudah membahas ini sebelumnya dalam website

Nilai harus memberikan hal yang sama weperti website, mampu menjangkau banyak orang dan tak terbatas.

Cara membuat Value Proposition

Berdasarkan penjelasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pembuatan value proporsition harus bisa dipikirkan secara matang terkait pesan apa yang ingin disampaikan agar audiens anda bisa tertarikdan mendaftar ke sekolah anda.

Berikut ini adalah cara membuat value proposition agar nilai branding sekolah anda meningkat.

Temukan nilai-nilai sejati anda

Hal ini tak jauh berbeda dengan mengaplikasikan visi dan misi sekolah anda  kedalam daftar keunggulan aatau kegiatan yang ada dalam sekolah anda. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa visi dan misi yang ditonjolkan dalam kegiatan atau keunggulan sekolah akan memperkuat citra sekolah anda sehingga dapat menjadi pembeda.

Singkatnya adalah nilai yang diberikan terhadap sekolah bisa didapat dari kegiatan atau keunggulan sekolah anda dengan memegang erat visi dan misi  yang ada, sehingga hal ini bisa menjadi pembeda.

Pemilihan kata yang tepat juga akan berpengaruh terhadap nilai tersebut. semakin tinggi nilainya maka artinya tingkat kepercayaan audiens semakin tinggi.

Contohnya: Kegiatan lomba agustus sebagai ajang pencarian bakat siswa.

  1. Riset Pelanggan

Jika pelanggan anda diminta untuk menggambarkan sekolah anda hanya dalam 2-3 kalimat, apa yang akan mereka katakan tentang anda? Apa yang anda ingin dengar dari yang mereka katakan tentang anda?

Bila anda ingin memb-branding sekolah anda dengan cara apa pun, anda perlu memastikan bahwa anda mempromosikan dengan jelas 2-3 nilai yang ingin pelanggan anda ketahui tentang anda.

Contohnya adalah : Apple.

Apa kata-kata yang muncul di benak anda?

  • Inovasi
  • Berpikir berbeda
  • Perubahan
  • Produk keren

Bukan kebetulan kita memikirkan hal-hal ini.

Selama presentasi 1997 kepada karyawannya di Apple, Steve Jobs memberikan saran berikut ini:

“Bagi saya, pemasaran adalah tentang nilai. Ini adalah dunia yang sangat rumit, dunia ini sangat bising. Kita tidak akan mendapatkan kesempatan untuk membuat orang mengingat banyak tentang kita. Tidak ada. Jadi kita harus benar-benar tahu apa yang kita inginkan dari mereka untuk tahu tentang kita.”

Itulah yang diyakini Apple dan mereka memastikan untuk mempromosikan nilai-nilai itu melalui setiap aspek merek mereka.

Mulailah dengan menguraikan pemikiran anda di lembar kerja tentang 2-3 nilai yang anda pilih benar-benar berarti bagi sekolah dengan ekspektasi, nilai tersebut dapat teringat oleh audiens anda.

Jagalah tetap konsisten

Hal terpenting setelah menemukan nilai inti anda adalah tetap konsisten. Segala sesuatu tentang brand sekolah anda, dari warna yang anda gunakan untuk logo sampai pada bahasa yang anda gunakan, semuanya harus mewakili nilai inti tersebut.

Logo bukan merek, juga bukan slogan. Warna pun bukan merek, apalagi iklan.

Konsistensi adalah pembangun merek yang sesungguhnya. Jika anda ingin membangun brand sekolah, anda harus tetap setia dan konsisten terhadap nilai.

Nilai berada pada area paling inti/dasar dari sebuah brand. Mereka adalah pusat yang memancarkan semuanya, termasuk tampilan (desain) merek anda, pesan (suara), dan hubungan (layanan pelanggan)

Agar sebuah brand menjadi lengkap dan substansial, ada aspek ketiga sebagai aspek “internal” sebelum semuanya dimulai, sebelum memikirkan tentang merancang logo atau memberi tagline untuk ditempel Itu adalah Nilai

Tanpa nilai yang berfungsi membimbing anda, brand sekolah anda akan tampak seperti brand lainnya, bukan menjadi brand yang berbeda dan dapat dikenali. Sebagai hasilnya, pertumbuhan dan penjualan anda akan menderita.

Contohnya : Sebuah celana jins bermerek harganya $ 119. Tapi kalau orang memilihnya hanya sekali untuk soal kebanggaan tapi tidak pernah membeli lagi, maka mereknya tidak memiliki nilai. Tidak ada yang bisa bertahan hanya pada pelanggan yang membeli sebanyak satu kali.

Tapi kalau misalnya, merek jins lain harganya $ 79, tapi orang yang membeli sekali memilih untuk membeli lagi dan lagi, maka merek kedua ini memiliki nilai jauh lebih besar dari yang pertama. Pelanggan berulang adalah jalur kehidupan setiap bisnis.

Jadi, jika anda ingin menciptakan hubungan yang dalam dan bermakna dengan audiens untuk membawanya kembali kepada sekolah anda atau memberikan rekomendasi kepada oranglain dan membawanya kepada sekolah anda, maka Nilai dari sekolah bisa menjadi gerbang utama untuk itu semua.

Baca juga : MENGENALI LEBIH DALAM TENTANG TARGET MARKETING SEKOLAH

About The Author

Permana Wijaya

“Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *