Select Page

Bangun Brand Sekolah Jadi Top, Pakai Aplikasi Tiktok

Bangun Brand Sekolah Jadi Top, Pakai Aplikasi Tiktok

TikTok adalah platform terbaru  dan dengan pertumbuhan tercepat tanpa tanda-tanda melambat dalam waktu dekat. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan untuk brand sekolah anda seperti: “Apakah kita harus menambahkan TikTok untuk media sosial sekolah?” Maka jawabanyya adalah “Perlu”.

Sekolah Anda mungkin memiliki lebih banyak kapasitas untuk menggunakan platform daripada yang anda pikirkan. Dan TikTok adalah salah satu media yang bisa anda gunakan untuk membuat brand sekolah anda dikenal lebih banyak pengguna didalamnya.

Apa itu TikTok?

TikTok dalam bentuknya yang paling sederhana adalah platform berbagi video. TikTok mendorong pengguna untuk membuat video pendek hingga tiga menit. Pengguna dapat membuat dan mengunggah video dengan backsound music yang telah disediakan.

Anda dapat menjelajahi konten baru melalui Halaman Untuk Anda atau yang lebih dikenal dengan istilah FYP atau Fitur For Your Page. FYP adalah sumber utama konten baru anda, dan tempat bagi brand sekolah anda untuk dapat dikenal pengguna TikTok.

karena FYP menyesuaikan konten yang sering di lihat oleh pengguna dan memasukkan konten sejenis kedalam beranda mereka. Anda dapat mengikuti tagar untuk melihat apa yang sedang tren saat ini.

Apakah TikTok memiliki tempat dalam rencana media sosial sekolah saya?TikTok sendiri telah didownload lebih dari 500 juta kali di Indonesia. Sebagian besar Gen Z adalah pengguna platform TikTok.

46% anak berusia 13-19 tahun mengatakan bahwa mereka menggunakan platform ini setiap hari. Gen Z TikTokers tidak hanya mengunduh dan menyerap konten. Mereka menciptakannya. 83% TikTokers telah membuat video sendiri.

Mereka juga mendukung platform tersebut. 70% pengguna Gen Z TikTok mengatakan mereka akan merekomendasikannya kepada orang lain.

1 1

Lalu apakah hal ini berpengaruh sedangkan pasar terbesar dalam dunia pendidikan adalah orang tua ?

1.     Maka disinilah kata FYP diperlukan, jika akun anda dilihat oleh banyak anak sekolah baik sengaja maupun tidak dan kemudian mereka tertarik maka mereka akan melihat sekolah anda. Jika konten anda terasa dekat dengan mereka, bukan tidak mungkin rekomendasi itu akan muncul dan dilihat orang tua mereka.

2.     Bukankah platform ini telah didownload lebih dari 2 miliar unduhan ? apakah didalamnya tidak terdapat orang tua ? Bukankah generasi Y jaman sekarang telah tumbuh menjadi orang tua ? apakah Generasi X juga tidak tahu TikTok ? apakah anda yakin dengan itu ? Dengan semua kecanggihan teknologi saat ini, rasanya sangat mustahil untuk Gen X sekalipun untuk tidak mengetahui TikTok, maka dari itu, strategi untuk branding sekolah anda di TikTok adalah salah satu langkah yang tepat

3.     Artis Tiktok juga sangat banyak jumlahnya, bukankah anda juga bisa mengandalakan mereka untuk mempromosikan sekolah anda sesuai gaya mereka ? Namun hal ini tentu saja terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk mengandalakan artis tiktok dalam mempromosikan sekolah anda.

Sebagai brand yang ingin bersaing tentu kata kata itu sangat wajar mengingat target market di Tiktok juga sangat potensial.

Namun pertama-tama, anda harus menyesuaikan diri dengan trend yang ada. Jangan samapai anda hanya ingin mengikuti trend an melupakan brand anda sendiri. Tunjukkan bahwa anda dapat mengikuti tren yang beredar dengan tetap pada pendirian nilai yang sama.

Dengan hal tersebut konsumen akan menilai anda konsisten. Dan konsisten adalah salah satu cara untuk mendapatkan mata audiens kepada sekolah anda.  ​​Bagaimana sekolah saya bisa menggunakan TikTok?

Ada sejumlah sekolah yang sudah membuat komunitas niche mereka sendiri di platform, jadi ada banyak konten yang bisa Anda cari untuk mencari inspirasi.Salah satu sekolah yang menggunakan TikTok dan menggunakannya dengan baik adalah Sekolah McCallie di Chattanooga, Tennessee.

McCallie menawarkan contoh sempurna menggunakan platform untuk sifat menyenangkan dan tren yang dimaksudkan untuk mengambil hati untuk siswa mudanya yang tentu bukan hal yang mudah.

Video TikTok pertama mereka menampilkan klip tim sepak bola mereka memasuki lapangan untuk sebuah pertandingan. Sejak itu, mereka telah berkembang menjadi lebih dari enam ribu pengikut dan telah mengumpulkan 126,2 ribu suka yang menakjubkan.

Konten mereka memiliki fokus besar pada siswa dan fakultas mereka. Ini berhasil, karena siswa saat ini secara alami ingin berpartisipasi, dan calon siswa dapat melihat budaya sekolah dari dekat dan pribadi.

Itu adalah salah satu contoh yang bisa anda terapkan dan anda tingkatkan sesuai dengan brand value sekolah anda. Memang platform TikTok untuk sekolah adalah sebuah wilayah yang cukup asing di Indonesia.

Namun perlu diingat bahwa, platform inilah yang berkembang sesuai dengan keinginan Gen Z untuk konten yang dibuat dengan cepat, dan ini merupakan tantangan bagi brand sekolah untuk menjangkau pengguna TikTok. Jika dilakukan dengan benar, TikTok dapat menjadi alat marketing yang sangat baik.

Cara menggunakan TikTok untuk sekolah

1.     Media sosial dan tim komunikasi anda harus mulai dengan menjelajahi platform sebelum membuat konten. Itu karena TikTok adalah platform media sosial yang berbeda dari yang lain, brand sekolah anda harus memiliki gaya dan kontennya sendiri yang unik. Konten harus kreatif, eksperimental, menyenangkan, dan menarik untuk menarik perhatian pengguna. Anda mungkin bisa melihat apa yang dilakukan sekolah lain dan jenis konten apa yang mereka buat. Setelah sekolah anda memiliki akun, anda dapat membuat konten sesuai dengan minat audiens target Anda sehingga dapat muncul di umpan mereka.

2.     Anda juga dapat menggunakan tagar untuk membantu mereka agar menjangkau akun atau konten anda lebih mudah, gunakan kata kata yang tepat dan bagus sehingga tagar anda dapat diingat dengan mudah oleh audiens anda. Anda mungkin bisa mamakai jargon sekolah anda didalam hastagh anda atau video anda sehingga penonton akan lebih cepat memahami bahwa konten itu adalah milik sekolah anda.

3.     Pastikan untuk melibatkan siswa anda. Merekalah yang menggunakan platform, sehingga mereka dapat membantu anda tetap mengikuti tren kekinian dan kemungkinan besar akan bersemangat untuk membantu menghasilkan ide. Siswa yang menggunakan TikTok akan mengetahui tren TikTok, yang secara signifikan akan mengurangi waktu penelitian Anda dan memastikan bahwa konten Anda segar dan tepat waktu.

Konsisten dalam mengupload konten di TikTok. Ini adalah sesuatu hal yang sangat penting untuk dilakukan saat anda terjun ke dalam dunia Tiktok nantinya. Konsisten akan membuat brand sekolah anda lebih mungkin menjangkau audiens anda.

Inilah sebabnya mengapa berpartisipasi dalam tren seperti Tantangan TikTok bisa sangat berguna.

Lakukanlah hal ini untuk ini menciptakan lingkungan yang positif dan menyenangkan antara brand sekolah anda dan audiens anda dengan tetap menjaga value brand anda, sehingga identitas anda semakin kuat di mata audiens.

Baca juga : MENGENALI LEBIH DALAM TENTANG TARGET MARKETING SEKOLAH

About The Author

Permana Wijaya

“Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *