
Beberapa Macam SEO dan Cara Kerjanya yang Perlu Anda Tahu

SEO adalah bagian penting dalam pembangunan website. Dengannya website dapat dengan mudah terindeks. Untuk melakukan optimasi website, Anda perlu mengaplikasikan beberapa macam SEO agar situs Anda mudah muncul di halaman utama Google.
Sebelum jauh ke pembahasan mengenai jenis SEO, mungkin beberapa dari Anda membutuhkan penjelasan kenapa optimasi ini penting.
Setiap artikel mengandung rangkaian kata. Dengan banyaknya artikel yang sudah tersebar di internet, sangat sulit bagi pengguna internet untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan. Pasalnya, satu kata yang dimasukkan sebagai kata kunci akan menarik seluruh artikel yang mengandung kata tersebut.
Atas dasar itulah pendiri Google membuat sistem PageRank dengan algoritma yang kita kenal dan nikmati sekarang. Dengan adanya algoritma tersebut, halaman pencarian tidak serta-merta memunculkan artikel yang hanya mengandung kata yang dimasukkan dalam kolom pencarian, tetapi artikel berkualitas yang sesuai dengan informasi yang dicari.
Sekarang, mari kita mempelajari beberapa macam SEO yang perlu diketahui agar website Anda bisa masuk ke halaman utama Google.
Beberapa Macam SEO
SEO adalah suatu strategi yang perlu dimasukkan dalam pembuatan website yang mengatur bagaimana suatu artikel harus ditulis dan website dibuat. Jenis-jenis SEo terdiri dari tiga, yaitu on page, off page, dan technical.
Simak penjelasannya di bawah ini.
1. SEO On Page
SEO On Page wajib diterapkan dalam artikel. Seorang content writer perlu memahami hal ini agar artikel-artikel yang ditulisnya dapat mudah ditemukan oleh target pasar. Ini adalah jenis SEO mendasar yang banyak dibicarakan semua orang.
Jenis SEO ini terdiri dari beberapa aspek berikut:
- Permalink: tentang bagaimana sebuah link ditulis dengan menarik dan memuat kata kunci.
- Judul artikel: judul artikel tidak boleh melebihi jumlah piksel tertentu dan harus memuat kata kunci.
- Struktur artikel: artikel perlu ditulis sedemikian rupa yang memudahkan pembaca dalam menulis. Penggunaan bullet dan heading sangat disarankan.
- Gambar konten: sebuah artikel sebaiknya mengandung sebuah gambar dengan teks alternatif yang berisi kata kunci. Keberadaan gambar dapat membantu artikel tersebut muncul di tab gambar Google.
- Sebaran kata kunci: kata kunci perlu dimasukkan dalam badan artikel setidaknya 3 kali, yaitu di awal, tengah, dan akhir.
- Kualitas artikel: artikel perlu ditulis seinformatif mungkin.
- Internal link: internal link adalah tautan dalam artikel yang menghubungkannya dengan artikel di website yang sama.
- Elemen SEO: selain membuat artikel, seorang penulis juga perlu membuat meta description yang berisi kata kunci.
Jenis ini sangat mudah diterapkan dan cukup mendasar. Dengan memasukkan seluruh aspek tersebut dalam artikel, dijamin artikel Anda akan mudah nangkring di halaman pencarian.
2. SEO Off Page
Sesuai namanya, ini adalah suatu usaha SEO untuk membantu mendongkrak keterkenalan website dari luar website tersebut. Tujuannya adalah menunjukkan kebermanfaatan dan relevansi konten bagi pengguna internet pada Google.
Aspek-aspeknya termasuk:
- Link building: melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kesempatan website Anda dikutip di website berkualitas lainnya.
- Melakukan promosi melalui media sosial dan platform lainnya.
- Guest blogging: menulis artikel yang mengandung tautan ke website Anda di website lain.
Optimasi ini diharapkan dapat meningkatkan domain authority, skor yang memprediksi peluang peringkat website di Google, dan page authority, skor yang menunjukkan peluang halaman website Anda berada di peringkat teratas Google. Dengan demikian, kredibilitas website Anda juga meningkat.
3. Technical SEO
Selain dari artikel, website juga perlu diatur sedemikian rupa agar sesuai dengan standar tertentu. Beberapa hal itu termasuk:
- Kecepatan website: hal ini memastikan agar pengguna internet tidak segera keluar dari website sebelum selesai dimuat.
- Struktur website,
- XML Sitemap,
- Keamanan situs (SSL)
- Tema website yang SEO friendly untuk memudahkan penggunaan SEO.
- Layout website
- Navigasi untuk memudahkan pengguna internet menemukan berbagai informasi yang tersebar di website.
Jika sudah menerapkan seluruh macam SEO ini, website Anda berkesempatan besar diindeks oleh Googlebot. Namun, apa hubungan antara SEO dan Googlebot? Untuk menjawabnya, mari kita bahas cara kerjanya.
Cara Kerja SEO
Setelah SEO dipasang sedemikian rupa di website, bagaimana sebenarnya strategi ini bekerja mendongkrak kredibilitas website?
Google memiliki alat yang disebut web crawler. Alat ini membantu Google menemukan semua konten di internet, menyimpannya, lalu mengolahnya.
Untuk lebih jelasnya, alat ini melakukan hal berikut:
- Crawling: web crawler mengumpulkan dan menyimpan halaman website baru.
- Indexing: Google mempelajari struktur website yang sudah dikumpulkan, lalu melakukan penilaian kualitas, relevansi, dan kredibilitasnya.
- Ranking: Google membuat daftar halaman website terbaik untuk diletakkan di halaman pencarian.
Dengan cara dan dasar itulah Google menampilkan berbagai artikel di halaman pencariannya.
Dari ulasan tentang berbagai macam SEO dan cara kerjanya, apakah masih ada yang perlu diperjelas? Jika ada, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah.