Select Page

Momen Ramadhan merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di penjuru dunia. Setiap memasuki bulan Ramadhan, bermunculan banyak sekali bisnis-bisnis baru, terutama di bidang makanan. Tak hanya itu, banyak di beberapa tempat juga menghadirkan bazaar Ramadhan yang membuat semakin meriahnya suasana di bulan Ramadhan ini.

Bazaar Ramadhan juga momentum yang paling ditunggu dan dirindukan banyak orang. Banyak pelaku usaha yang memanfaatkan momentum ini untuk berjualan. Dan umumnya diselenggarakan oleh pemerintah setempat, yayasan, organisasi, maupun perusahaan swasta.

Tujuan diselenggarakannya bazaar Ramadhan tentu tidak lain adalah untuk membantu para UMKM dalam mempromosikan, memasarkan produk-produknya kepada khalayak luas, menarik konsumen agar mau membeli produk yang dijual. Tak hanya itu, dengan adanya acara ini juga membantu UMKM mendapatkan tempat berjualan yang strategis, aman, dan menguntungkan.

Tidak mengherankan memang jika bazaar banyak dikunjungi oleh masyarakat. Karena disitu akan banyak sekali pilihan-pilihan jajanan yang bisa dibeli, dan bikin orang pengen borong semuanya heheheā€¦.

Bazaar umunya dibuka mulai dari sore hingga petang bertepatan dengan waktu mencari takjil makanan untuk berbuka Ramadhan.

Mau informasi lebih dalam terkait bazaar Ramadhan dan bagaimana bisa mendapatkan cuan melimpah dari acara tersebut? Yuk simak penjelasan berikut :

Baca Juga : 10 Ide Bisnis Takjil Mudah dan Praktis, WAJIB COBA !

APA ITU BAZAAR RAMADHAN ?

pexels nasim didar 3619724 scaled

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bazaar merupakan pasar yang sengaja diselenggarakan untuk jangka waktu hanya beberapa hari.

Bazaar dapat berupa pameran barang-barang kerajinan, penjualan makanan, dsb. Dalam bazaar terdapat banyak sekali penjual yang menyajikan beraneka macam dagangan mereka. Dan biasanya dibuat dengan menyesuaikan tema yang telah ditentukan, misalnya bazaar makanan, bazaar pakaian, dsb.

Mengacu pada pengertian sebelumnya diatas, bazaar diselenggarakan di lokasi tertentu yang dijadikan sebagai pasar sementara. Kemudian bisa dikatakan bahwa Bazaar Ramadhan adalah pasar sementara yang diadakan hanya di bulan Ramadhan saja. Produk yang mereka jual pun biasanya berkaitan dengan kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan, seperti takjil.

Lokasi yang digunakan harus strategis, mudah diakses, dan luas. Karena akan dibangun beberapa stand untuk lapak para pelaku UMKM berjualan, dan pastinya banyak orang sebagai customer yang mengunjungi lokasi tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan ketika mengadakan bazaar juga harus tersedianya fasilitas umum, seperti mushola, toilet, area parkir, dan fasilitas lainnya.

BAGAIMANA CARA MENDATANGKAN PEMBELI ?

pexels wendy wei 2808580 scaled

Walaupun sebagai pasar sementara, pasti selalu ramai dikunjungi banyak orang. Dan kebanyakan dari mereka selalu antusias ketika mengunjungi bazaar terutama di bulan Ramadhan.

Hal apa saja yang membuat bazaar Ramadhan mampu menarik banyak masyarakat? Begini penjelasannya :

  1. Acara yang Terbatas

Diselenggarakan dalam waktu yang terbatas merupakan salah satu alasan mengapa bazaar dikunjungi ribuan orang. Karena banyak orang yang tak ingin melewatkan momen dan berpikir bahwa belum tentu di tahun berikutnya akan diselenggarakan kembali.

Bazaar di bulan Ramadhan merupakan salah satu kebiasaan yang tak terpisahkan dan banyak digemari karena momentumnya yang unik dan meriah. Hampir di tiap daerah para pelaku UMKM mengadakan acara tersebut, dan terkadang dari pengunjung yang datang hanya untuk menikmati suasana bazaar, berfoto, tanpa merencanakan untuk berbelanja.

  1. Menguji Produk Baru

MenurutĀ News ABS-CBN, bazaar bisa dijadikan sebagai alat untuk menguji ide dan produk baru. Melihat apakah pasar menyukai produk tersebut atau tidak. Hal ini sangatlah penting dilakukan bagi setiap pebisnis, agar mampu melihat umpan balik tentang sejauh mana kepuasan dan minat pelanggan.

Jika produk yang kamu jual diterima dengan baik oleh pelanggan, kamu bisa melanjutkan penjualan. Namun jika sebaliknya, kamu perlu meninjau kembali dan memperbaiki kualitas produk.

  1. Mendatangkan Banyak Pelanggan

Banyak orang tak ingin melewatkan momen ini. Bahkan orang-orang yang sebelumnya tidak berminat pun bisa terpancing untuk datang melihat kemeriahan bazaar. Sehingga, ribuan orang yang datang bisa mendorong penjualan berkali-kali lipat dan meraup keuntungan yang besar.

  1. Produk yang Eksklusif

Bazaar Ramadhan menjual produk yang berkaitan dengan bulan Ramadhan. Seperti aneka takjil, kue kering, hampers, hingga baju lebaran. Waktu pelaksanaannya pun hanya sebulan yang menjadikan produk tersebut akan sulit didapat setelah lebaran. Oleh karenanya, hal ini bisa disebutkan bahwa bazaar Ramadhan menjual produk eksklusif.

  1. Dukungan dari Pemerintah Setempat

Dukungan disini bisa disebutkan fasilitas dan sarana penyelenggaraan seperti lapak untuk berjualan. Dan tidak sedikit juga kegiatan ini mendapat banyak dukungan sponsor dan banyak menarik perhatian masyarakat.

 

Itulah beberapa penjelasan terkait Bazaar Ramadhan. Persiapkan bisnismu untuk mengikuti acara tersebut dan dapatkan keuntungan yang melimpah !

Baca Juga : Alasan Mengapa Desain Kemasan Produk Penting Untuk UMKM