Select Page

Inilah 6 Unsur Branding Buat Kamu Seorang Pebisnis

Inilah 6 Unsur Branding Buat Kamu Seorang Pebisnis

Bagian yang paling utama melekat pada kegiatan bisnis adalah branding. Lambat laun definisi branding semakin berkembang hingga saat ini didefinisikan sebagai kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan dalam proses membangun dan membesarkan brand.

Agar produk yang kita miliki dikenal oleh masyarakat luas, tentu kita harus melakukan “branding” bagi setiap pebisnis. Selain itu, hal ini juga penting untuk membentuk perpsepsi masyarakat dan membangun rasa percaya masyarakat kepada brand. Unsur branding ada banyak sekali yang bisa anda pelajari.

Bagi perusahaan, hal ini bukan hanya sekedar merek atau produk anda dikenal, namun juga sebagai image perusahaan secara keseluruhan, atau bagaimana masyarakat merasa bahwa perusahaan anda merupakan yang terbaik dalam menyediakan produk yang sesuai dengan keinginan mereka.

Nah, dalam artikel ini mari kita bahas lebih spesifik tentang unsur branding yang bisa kita pelajari bersama untuk diterapkan di dalam bisnis.

6 Unsur Branding yang Wajib Anda Ketahui !

  1. Nama Merek

Unsur yang paling utama adalah nama merek. Bayangkan jika produk yang anda jual tidak memiliki nama merek, lantas bagaimana anda memperkenalkan produk ke calon pelanggan? Tentu tidak bisa. Jika itu terjadi, maka produk anda tidak memiliki identitas yang akan memudahkan produk tersebut untuk dikenal masyarakat luas.

Terdapat beberapa manfaat apabila perusahaan memiliki nama merek, diantaranya :

  • Memudahkan perusahaan mendapatkan loyalitas pelanggan terhadap produk anda
  • Sebagai jalan membuka perusahaan untuk menetapkan harga jual yang tinggi
  • Peluang bagi anda selaku pelaku usaha untuk melakukan diferensiasi produk, atau bisa disebut upaya perusahaan untuk membedakan produk dari produk kompetitor dalam suatu sifat yang membuat produk anda jauh lebih diinginkan oleh pelanggan
  • Memberikan daya tarik bagi pelanggan
  • Menjadi pembeda atau ciri tertentu yang membedakan produk perusahaan dengan produk milik kompetitor

Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh perusahaan. Jadi, siapkan nama merek terbaik untuk produk atau brand kalian ya. Pastikan menggunakan nama merek yang indah didengar juga dan bermakna positif.

  1. Logo Brand

Selain nama merek, logo juga termasuk salah satu cara untuk memperkenalkan produk atau brand kalian. Untuk membuat logo brand, sebaiknya desain yang unik dan berbeda dengan competitor lainnya. Karena, sebagian besar logo yang unik membuat pelanggan lebih mudah mengingat produk atau brand anda.

  1. Penggunaan Juru Bicara

Perlunya juru bicara agar dapat memperkenalkan produk anda dengan kuat. Maka, juru bicara wajib dipilih dengan baik. Dalam perusahaan, juru bicara bisa menjadi maskot, atau orang terkenal yang sudah diajak kerjasama dalam meningkatkan pemasaran produk.

  1. Tampilan Visual

Yang dimaksud disini adalah desain kemasan, desain produk, desain seraga, dan hal lainnya. Selain dapat meningkatkan citra brand, anda dapat menggunakan tampilan visual ini dengan warna yang cerah, warna yang elegan, atau warna yang lagi trend namun tetap nyaman dipandang, tergantung pada target calon pelanggan anda.

  1. Audio

Unsur audio disini sebagai unsur pelengkap visulalisasi yang dapat berupa nada, lagu, ataupun bunyi tertentu sesuai ciri khas brand anda agar semakin menarik dan dapat lebih mudah diingat audiens.

  1. Pemilihan Kata

Agar sebuah brand bisa lebih mudah untuk diingat, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menciptakan kata-kata. Kata-kata ini bisa berupa slogan, jingle, tagline, nama panggilan dan lainnya. Semakin unik dan sederhana kata-kata tersebut, maka akan semakin mudah juga brand Anda untuk diingat audiens. Slogan yang cerdas selalu meninggalkan kesan mendalam.

 

Itulah penjelasan dari kami mengenai unsur branding. Jadi, branding merupakan salah satu cara yang wajib dilakukan untuk mengenalkan produk bisnis anda ke calon pelanggan.  Selain itu, branding juga mampu membuka jalan perusahaan agar bisa dikenal oleh masyarakat luas, baik itu dari sisi logo ataupun kampanye pemasarannya.

Dilihat dari manfaat yang didapat, membangun suatu branding sama halnya dengan investasi bagi seorang pebisnis. Namun, hal penting lainnya juga tetap harus diperhatikan.

Nah, untuk menggali informasi lebih lengkap terkait branding dan marketing, anda bisa mulai membaca artikel menarik dan informatif lainnya, Baca Juga | 5 Strategi Efektif Tingkatkan Penjualan Bisnis Anda

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *