
Instagram Ads: Cara Jitu Scale Up Iklan (2)

Setelah memahami cara melakukan persiapan sebelum melakukan scaling Instagram Ads, Anda sudah sampai ke tahap sesungguhnya.
Jika belum? Silakan baca di sini.
Proses persiapan penting dilakukan agar scaling lancar dan tidak terlalu memakan bujet sebelum iklan benar-benar menghasilkan. Selain itu, persiapan dapat membantu Anda memutuskan apa saja yang perlu di-scaling. Jika sudah siap, saatnya Anda mempelajari cara melakukan scaling iklan di Instagram.
3 Cara Melakukan Scaling Instagram Ads
Dalam melakukan peningkatan penghasilan iklan, Anda perlu berhati-hati agar tidak terkena dampak negatif dari learning phase. Berikut tiga cara yang bisa dilakukan.
Scaling Manual
Cara paling mudah meningkatkan pendapatan Instagram ads adalah meningkatkan pengeluaran perlahan untuk menghindari perubahan besar yang dapat mengarah pada iklan masuk ke learning phase. Dengan kata lain, Anda dapat meningkatkan pengeluaran maksimal 20% dalam satu kali perubahan. Selain itu, Anda hanya boleh melakukan perubahan ini beberapa hari sekali agar iklan tidak kembali pada fase tersebut.
Mulailah dengan iklan yang menggunakan penempatan di Instagram tanpa menggunakan Advantage Campaign Budget.
Di bagian pengaturan iklan, atur bujet harian (jangan bujet jangka panjang). Coba pilih bujet yang sekiranya dapat membantu iklan Anda keluar dari learning phase dengan efisien.
Lanjutkan dengan mengatur iklan lainnya dengan konten yang sesuai. Anda dapat menjalankan beberapa iklan sekaligus. Namun, agar hasilnya maksimal, batasi hanya menjalankan tiga sampai lima iklan dalam satu waktu. Anda juga dapat menggunakan alat optimasi bawaan, seperti Advantage+ Creative.
Setelah set iklan keluar dari learning phase dan berjalan dengan baik, Anda dapat meningkatkan bujet harian secara manual sebesar 20%. Lakukan penambahan bujet sebesar 20% maksimal seminggu dua kali hingga mencapai angka maksimal yang ingin dikeluarkan.
Scaling Otomatis
Mengubah bujet Instagram ads secara manual bisa memakan waktu dan membutuhkan banyak perhitungan, terutama jika Anda ingin meningkatkan beberapa set atau akun iklan sekaligus. Jika ingin hemat waktu dan melakukan sedikit pekerjaan, Anda dapat mengatur Ads Manager secara otomatis.
Dari beranda Ads Manger, klik Rules dan pilih Create a New Rule. Lalu, pilih Custom Rule dari pilihan di jendela yang muncul. Klik All Active Ad Sets untuk menerapkan aturan. Anda dapat menambahkan aturan yang dapat mencegah pengeluaran Anda melebihi batas.
Di bagian Action, pilih Incrase Daily Budget By dan masukkan persentase bujet harian yang diinginkan. Untuk menghindari learning phase, batasi peningkatan sampai 20% saja. Di bagian Action Frequency, pilih seberapa sering Anda ingin penambahan itu terjadi. Pilih Once Weekly (seminggu sekali) untuk menghindari learning phase.
Di bagian Schedule, atur hari apa Anda ingin aturan tersebut berlaku.
Tambahkan beberapa aturan untuk memasukan jadwal otomatis itu berlaku hanya pada set iklan yang sudah keluar dari learning phase dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Contohnya, jika Anda menambahkan aturan biaya per hasil, Ads manager secara otomatis memberlakukan jumlah impresi minimum untuk memastikan aturan hanya berlaku untuk iklan pada masa tertentu.
Anda juga dapat menambahkan bujet harian maksimal agar bujet tidak melebihi batas yang sudah diatur untuk set iklan. Ingat! Jika sudah mengatur batas bujet lebih tinggi di salah satu set iklan, Anda perlu mengatur scaling berikutnya secara manual.
Scaling Post Instagram
Kadang, Anda bisa mencoba dan menjalankan Instagram Ads dari Ads Manager. Namun, bagaimana jika mendapatkan hasil yang memuaskan dari konten Instagram yang sudah dioptimasi dan Anda ingin melakukan scaling untuk mengembangkan akun dan menarik traffic ke situs?
Anda dapat dengan mudah menyesuaikan bujet untuk konten yang sudah dioptimasi di Ads Manager. Mengingat konten yang sudah dioptimasi memiliki set iklan dan iklan tunggal. Instagram menggunakan Advantage Campaign Budget sebagai dasar pengaturannya. Jadi, daripada mengubah bujet set iklan, tambahkan bujet iklan hingga 20% saja.
Ingat! Anda tidak dapat melakukan perubahan tambahan pada konten yang sudah dioptimasi di Ads Manager. Malah, Anda harus mengubah kerangka waktu atau elemen lain di aplikasi Instagram.
Anda juga dapat melakukan scaling pada konten yang sudah dioptimasi langsung dari aplikasi Instagram. Buka beranda profesional akun Anda dan pilih Ad Tools. Lalu pilih Edit dan pilih Budget & Duration untuk melakukan scaling. Naikkan bujet harian hingga 20% atau kurang. Konfirmasi perubahan dengan memilih apakah aturan tersebut akan diberlakukan sekali atau dua kali seminggu.
Setelah melakukan scaling, apakah seluruh proses selesai? Belum. Anda masih perlu masuk ke tahap penting selanjutnya.