Select Page

Instagram untuk Marketing Brand Sekolah lebih mudah

Instagram untuk Marketing Brand Sekolah lebih mudah

Ada banyak alasan kuat Instagram bisa menjadi bagian marketing brand sekolah anda. Data menunjukkan bahwa Instagram memiliki 99,15 juta pengguna di Indonesia pada awal 2022. Angka ini menunjukkan bahwa jangkauan iklan Instagram di Indonesia setara dengan 35,7 persen dari total populasi di Indonesia. Jumlah user ( pengguna ) ini menunjukkan bahwa Instagram masih eksis sebagai platform media sosial untuk mendongkrak marketing brand sekolah anda.

Tidak seperti platform media sosial lainnya, Instagram secara unik cocok untuk menceritakan kisah sekolah Anda secara visual. Saat Anda membuka profil merek, Anda mendapatkan gambaran langsung tentang kepribadian, nilai, dan budaya mereka. Anda tidak perlu menggulir jauh ke feed mereka untuk mengetahui siapa mereka.

Facebook dan Twitter bekerja sedikit berbeda. Ada lebih banyak teks untuk disaring. Dan sementara setiap platform memiliki tempat yang tepat dalam strategi media sosial sekolah Anda, sifat visual Instagram dapat memainkan keuntungan merek Anda. Faktanya, otak manusia memproses informasi visual 60.000 kali lebih cepat daripada teks—yang berarti, jika kita memiliki preferensi, kita akan memilih gambar daripada teks setiap hari dalam seminggu.

Sebelum Anda mulai menceritakan kisah Anda di Instagram, Anda harus terlebih dahulu mengetahui apa kisah Anda. Untuk merek, termasuk sekolah Anda, ini berasal dari identitas merek Anda. Jika Anda ingin mendapatkan kesuksesan terbesar dengan Instagram, Anda perlu memastikan bahwa Anda sepenuhnya memahami identitas merek Anda dan memiliki pesan inti dan aset visual yang dibangun.

Anda dapat menggunakan gambar dan video untuk konten sekolah anda di Instagram, melalui 2 plat tersebut anda dapat menceritakan dan membagikan kisah sekolah Anda, aktivitas sekolah anda, hingga informasi informasi menarik dan penting untuk audiens anda. Untuk membentuk konten tersebut ada beberapa istilah yang harus anda tahu sebelum memulai instagram.

1 2

Profil Bisnis: Awalnya, Instagram tersedia sebagai profil pribadi, namun kini Instagram telah berkembang dan mendirikan ruang khusus untuk bisnis dan organisasi,. Untuk itu anda dapat mengubah atau mendaftarkan Instagram anda sebagai profil bisnis alih alih sebagai profil pribadi.

Cerita: Cerita atau lebih popular disebut Instagram Story adalah postingan singkat yang dapat anda gunakan untuk membagikan postingan real-time yang tetap tayang selama 24 jam.

IGTV: Anda dapat menambahkan video berdurasi panjang ke bagian IGTV Anda. IGTV adalah tempat yang bagus untuk menyimpan rekaman video langsung, serial video, dan banyak lagi untuk sekolah Anda. Jika sekolah Anda telah membuat video IGTV, tombol IGTV akan otomatis ditambahkan ke bagian atas feed Instagram sekolah Anda.

Reels: Reels adalah fitur terbaru di Instagram, Reels berupa video berdurasi <15 detik dengan background musik, Jika sekolah Anda telah membuat Reel, tombol Reel akan otomatis ditambahkan ke bagian atas feed Instagram sekolah Anda. Itu adalah sederet hal yang wajib anda ketahui tentang fitur fitur di Instagram untuk konten brand sekolah anda. Selain memperhatikan hal hal diatas, anda bisa mempersiapkan dan memperhatikan hal hal dibawah ini sebelum membuat instagram

1.Bangun tim kreatif

Bentuk tim staf untuk berkontribusi dan bertanggung jawab untuk membantu mengelola konten konten Instagram sekolah anda. Anda dapat membentuk tim kreatif untuk hal ini. Tim tersebut bertugas untuk menyajikan konten konten secara kreatif sehingga menarik minat audiens anda yang sesuai dengan karakter brand sekolah anda, Membentuk tim kreatif juga akan membantu membangkitkan minat dan mempercepat marketing sekolah anda di Instagram.

Hal yang harus diperhatikan adalah brand identity atau identitas brand sekolah anda, hal ini pernah kita bicarakan sebelumnya, jika anda belum mambca anda dapat klik link dibawah ini.

Brand identias akan sangat mempengaruhi bagaimana wajah akun Instagram sekolah anda nantinya. Hal ini akan berpengaruh terhadap pandangan audiens tentang brand sekolah anda.

2. Jadwalkan postingan Instagram Anda

Konsistensi adalah kekuatan utama dalam membangun brand sekolah anda di Instagram, jangan sampai akun anda hanya mengirim postingan dengan waktu yang tak menentu dan suka suka, ini dapat membuat audiens anda merasa bahwa anda tidak serius dalam mengurus sesuatu. Hal tersebut tentu bisa mengurangi intensitas audiens anda untuk melihat sekolah anda, bahkan bisa jadi mereka akan pergi karena anda jarang update. Maka dari itu, ada baiknya anda menjadwalkan postingan atau konten di Instagram sehingga Instagram sekolah anda akan menjadi hidup dan terus memberikan keasn terhadap audiens anda. 3. Share postingan anda untuk membangun pengikut

Anda dapat membagikan postingan atau konten anda di Instagram dengan beberapa ide unik seperti :

  1. Foto sekolah hari ini
  2. Foto tim atletik berlatih
  3. 3. Foto dan video guru dan staf baru
  4. Pembatalan sekolah dan pemberitahuan darurat apa pun
  5. Di balik layar gladi bersih untuk drama sekolah
  6. Pengingat acara mendatang
  7. 7. Tambahan baru ke perpustakaan Anda
  8. Video salam dari anggota staf

Itu adalah contoh ide yang dapat anda gunakan untuk kontenInstagram sekolah anda, contoh diatas dapat dianalogikan sebagai gambaran aktual kepada audiens anda atau calon audiens anda tentang kegiatan kegiatan yang ada di sekolah anda, sehingga mereka dapat mengetahui apa saja yag akan mereka dapatkan saat bergabung dengan sekolah anda. Dengan bumbu format yang tepat, postingan postingan sederhana diatas dapat menjadi kekuatan sekolah anda untuk menarik minat audiens.

Selain itu anda juga dapat membagikan postingan Instagram anda ke media sosial lain. Baik itu foto atau video cepat, atau foto dan video yang telah anda jadwalkan untuk diposkan sebelumnya, dapat secara otomatis di distribusikan ke media sosial yang lain seperti Facebook, Twitter.

Hal ini tentu menjadi banyak manfaat karena kemungkinan audiens anda tidak hanya dari Instagram melainkan dari sosial media yang lain. Dengan membagikan konten anda ke mediasosial yang lain, audiens akan semua platform anda dan ini menjadikan keuntungan untuk brand sekolah anda, karena audiens anda akan menemukan anda dengan mudah di platform yang mereka miliki.

3. Hastagh

Penggunaan hashtag (#) pada foto dan video Anda juga akan membantu menyebarkan postingan Anda. Hashtag digunakan untuk mengkategorikan dan mengatur konten. Hastagh dengan kalimat umum dan banyak dicari audiens akan membuat akun Instagram sekolah anda lebih mudah ditemukan.

Tagar di Instagram memainkan peran penting dalam menjangkau pemirsa baru, menumbuhkan pengikut Anda, dan terlibat dengan komunitas sekolah Anda.  Postingan yang mengandung hashtag dibandingkan dengan postingan yang tidak diberi hastagh mengalami peningkatan pencarian hingga 12,6%. Untuk sekolah yang ingin menggunakan tagar sebagai strategi marketing di instagram, disarankan untuk menggunakan banyak tagar yang diizinkan Instagram dalam satu postingan. Ini membantu meningkatkan eksposur anda ke audiens baru.

Itu adalah beberapa hal yang dapat anda perhatikan dan gunakan untuk memulai akun Instagram sekolah anda. Dengan jumlah pengguna Instagram yang membludak sampai hari ini, instagram dapat menjadi alat yang bagus untuk marketing. Dengan menceritakan lingkungan, aktivitas dan kisah sekolah anda dengan bumbu kreatif diatasnya, anda dapat membangun brand sekolah anda di Instagram.

Baca juga : MENGAPA SEKOLAH HARUS GO DIGITAL BRANDING ?

About The Author

Permana Wijaya

“Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *