Select Page

6 Konten Media Sosial yang Menarik Bikin Bisnis Melejit

6 Konten Media Sosial yang Menarik Bikin Bisnis Melejit

Media sosial adalah pengganti situs web paling ampuh dalam mendongkrak bisnis. Pasalnya, setiap hari pengguna media sosial semakin bertambah. Oleh karena itu, membuat konten media sosial yang menarik sangat penting bagi kelangsungan sebuah bisnis.

Meski begitu, tidak semua orang dapat membuat konten media sosial yang mulus dan menarik pengguna internet. Banyak dari mereka yang masih terlalu kaku dalam memperkenalkan produk mereka di media sosial. Salah satu penyebabnya adalah mereka masih tidak mampu keluar dari kebiasaan menulis formal dan panjang setelah terbiasa menulis artikel di web. Padahal, dalam bermedia sosial, yang diperlukan adalah kemampuan membuat desain dan visual yang dapat merebut perhatian pengunjung.

Tip Membuat Konten Media Sosial yang Menarik

Meskipun media sosial adalah ladang subur untuk melakukan branding, persaingannya sangatlah ketat. Setiap menit beranda pengguna selalu diperbarui dengan unggahan baru dari brand tertentu. Hal ini membuat waktu dan kemenarikan konten menjadi hal yang wajib.

Nah, berikut ini adalah beberapa tip membuat konten media sosial yang menarik agar tidak terlibas oleh persaingan bisnis.

6 Konten Media Sosial yang Menarik Bikin Bisnis Melejit

1. Tag Blogger & Influencer yang Di-Mention

Menyalin kutipan dari influencer di blog adalah cara terbaik untuk meningkatkan engagement. Tetapi jangan hanya berhenti di sana. Pastikan menyebutkan influencer tersebut di media sosial dengan cara:

  • Tag blogger dan/atau influencer di konten media sosial menggunakan tautan.
  • Buat grafik menarik dan tag influencer melalui pesan di media sosial.

Mereka pasti sangat senang karena Anda tidak hanya menyomot karya mereka begitu saja, tetapi juga menyebutkan bahwa itu adalah karya mereka. Selain itu, itu adalah cara terbaik untuk menarik perhatian pengikut mereka.

2. Tambahkan Tombol Media Sosial di Email Newsletters

Media sosial dan email berjalan di jalan berbeda? Coba pikirkan lagi!

Media sosial dan email berjalan berdampingan. Menambahkan tombol atau tautan media sosial Anda ke email newsletter adalah cara terbaik untuk menggabungkan keduanya. Hal ini pasti berhasil karena pembaca hanya memindai email, dan tombol/tautan lebih menarik di antara kata-kata itu.

Jadi, sebelum mengirim email newsletter itu, jangan lupa tambahkan tombol/ tautan ke media sosial Anda. Dengan begitu, pembaca bisa tahu apa saja yang Anda lakukan di platform media sosial kesayangan mereka.

3. Gunakan Tagar yang Tepat

Menemukan tagar yang tepat kadang sulit. Tetapi jika digunakan dengan benar, tagar dapat membuat konten Anda berada di tengah lebih banyak orang. Contohnya, tagar di Instagram membuat konten Anda terlihat di halaman tagar itu.

Meski begitu, tagar setiap media sosial tidak berjalan sama antara satu platform dengan platform lainnya. Contohnya, tagar bisa menarik banyak engagement di Instagram tetapi tidak demikian dengan Facebook.

Agar mendapatkan lebih besar manfaat penggunaan tagar untuk membuat konten media sosial yang menarik, ikuti panduan berapa banyak tagar yang bisa digunakan di tiap platform berikut ini:

  • Twitter: satu sampai dua
  • Facebook: satu sampai tiga
  • Instagram: lima sampai 30
  • Pinterest: dua sampai lima

4. Tambahkan Story dan Reel

Apakah Anda harus menunggu sebelum mengunggah story atau reel berikutnya di Instagram dan Facebook? Singkatnya, ya. Semakin lama, reel berkemungkinan menghasilkan 67% lebih banyak engagement daripada konten video.

Dengan meningkatnya penggunaan TikTok di angka lebih dari 1 miliar pengguna setiap bulannya, orang-orang semakin sering melihat video-video pendek seperti itu. Ditambah lagi, story dan reel bisa menjadi konten menarik dan menginspirasi. Jadi, Anda perlu memanfaatkan tren dan memasukkan kesempatan ini dalam strategi konten media sosial yang menarik.

5. Tambahkan Gim, Kuis & Tebak-Tebakan

Pernahkah merasa panik dengan proyek atau pekerjaan rumah tangga hingga, alih-alih mengerjakannya, Anda malah bermain media sosial dan berharap ada kuis menarik yang muncul? Nah, itulah juga yang dilakukan sebagian orang ketika mereka sedang dalam keadaan tertekan karena terlalu banyak pekerjaan.

Sebagai pelaku bisnis, Anda dapat memanfaatkan hal ini dengan mengunggah konten gim, kuis, atau tebak-tebakan. Selain dapat meningkatkan engagement, hal ini dapat mendekatkan hubungan Anda dengan para konsumen dan pengikut.

6. Merespons Berita yang Berkaitan Dengan Niche

Salah satu cara untuk terhubung dengan audien adalah menunjukkan bahwa Anda memiliki kepedulian yang sama dengan mereka. Rahasianya adalah dengan memberikan respons cepat pada kejadian yang sangat menarik perhatian mereka.

Selain itu, konten seperti ini dapat meningkatkan SEO dan membangun citra kecakapan Anda sebagai merek yang mumpuni dalam membahas hal semacam itu. Jadi, entah merespons berita terkait niche atau berpendapat soal brand, Anda dapat mengunggahnya di media sosial.

Anda juga dapat membagikan konten dari blog yang Anda buat tentang berita terkait dan membagikannya ke media sosial yang dapat membantu menarik traffic ke situs Anda.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, membuat konten media sosial yang menarik adalah cara terbaik untuk menghasilkan cuan. Meski begitu, praktiknya tidka perlu terlalu rumit hingga memakan banyak biaya.

About The Author

Nayanika Eleanor

Freelance content writer

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *