Select Page

6 Langkah Optimasi SEO yang Mudah Ditiru dan Berhasil

6 Langkah Optimasi SEO yang Mudah Ditiru dan Berhasil

Bisnis dan SEO semakin tidak bisa dipisahkan. Jika masih belum memahami apa itu SEO, Anda bisa membaca artikel sebelumnya.

SEO adalah cara murah yang bisa dilakukan seorang pelaku bisnis untuk mendongkrak usahanya. Dengannya, pelaku bisnis bisa menyaring banyak pelanggan yang benar-benar menyukai produk atau jasanya dan melakukan pengenalan merek ke masyarakat luas dengan bujet rendah.

Langkah Optimasi SEO

Apakah Anda sudah siap mempelajari langkah optimasi SEO yang sangat penting bagi usaha? Di bawah ini ada 6 langkah yang bisa Anda lakukan sendiri. Jadi, Anda tidak perlu mempekerjakan orang khusus untuk hal ini.

5

1. Atur Website Agar Mudah Ditemukan

Tujuan dari SEO adalah meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencarian. Jika dilakukan dengan baik, optimasi ini dapat membantu website Anda berada di halaman pertama Google.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pengaturan. Anda bisa melakukan pengaturan di Google Analytics dengan cara berikut:

  • Buat akun Google Analytics
  • Masukkan URL website Anda di bagian properti.
  • Alat ini akan meminta Anda untuk menyisipkan kode ke website agar Google dapat melacaknya.

Kenapa harus menggunakan Google Analytics?

Pertama, alat yang dibuat oleh raksasa teknologi ini dapat membantu Anda mengetahui apakah webste sudah terindeks dan apakah ada kesalahan yang terjadi di sana. Selain itu, Google dipilih karena (1) perusahaan ini yang mencetuskan optimasi ini dan (2) merupakan mesin pencari utama bagi hampir semua pengguna internet.

2. Mencari Kata Kunci yang Tepat

Kata kunci adalah segalanya bagi SEO. Bahkan, sebagian besar usaha Anda akan bergantung pada kata kunci ini. Hal ini membuat usaha untuk mencarinya menjadi sangat penting.

Yang perlu dilakukan adalah menemukan kata kunci yang sesuai dengan konten website dan pencarian target audiens Anda. Anda dapat menggunakan pencarian kata kunci yang banyak tersedia di internet.

Tool memudahkan Anda menemukan kata kunci yang paling banyak dicari orang. Tool tersebut dapat menunjukkan jumlah pencarian, pendapatan tiap klik, dan sebagainya. Data-data tersebut dapat Anda gunakan untuk memutuskan kata kunci mana yang tepat bagi website Anda.

3. Mengunggah Konten yang Teroptimasi

Langkah optimasi SEO selanjutnya tentu saja berhubungan dengan konten. Konten atau artikel adalah senjata terpenting dalam strategi ini. Ingin tahu bagaimana caranya? Berikut aturannya.

  • Masukkan kata kunci tambahan, selain kata kunci utama dalam artikel. Jangan pernah paksakan untuk memasukkan kata kunci dalam kalimat yang tidak sesuai. Usahakan penggunaannya tidak melebihi jumlah kata kunci utama.
  • Masukkan setidaknya satu konten kaya informasi, seperti gambar, infografik, atau video. Dengan begitu, mesin pencari akan menganggap konten Anda berguna dan akan menambah skornya.
  • Masukkan kata kunci utama dalam judul, subjudul, meta deskripsi, tautan, dan nama alternatif untuk gambar, infografik, atau video.

4. Analisis Backlink

Mesin pencari memprioritaskan konten yang bermanfaat bagi pengguna internet atau konsumen. Google sudah membuat 3 kriteria untuk melakukan penilaian terhadap suatu website, yaitu: keahlian, kecakapan, dan kepercayaan.

Backlink (tautan dari website lain ke tempat Anda) membantu meningkatkan skor ini. Tautan dari domain kredibel dengan traffic tinggi dapat memberikan skor besar. Anda perlu memasukkannya ke dalam strategi digital marketing.

5. Selesaikan Masalah Teknis

Selain konten, langkah optimasi SEO juga mencakup masalah teknis yang perlu diperhatikan. Masalah teknis yang perlu diperhatikan adalah indikator penting dalam SEO.

Misalnya, Anda perlu menggunakan HTTPS, indikator terkenal dalam peringkat website di mesin pencari. Indikator ini memberikan enkripsi yang memastikan data yang melewati website Anda aman, termasuk data konsumen. Indikator-indikator lain termasuk meningkatkan kecepatan memuat website dan memilih tema yang responsif.

6. Selalu Update Dengan Tren

Optimasi ini selalu berevolusi. Pasalnya, semakin lama setiap orang semakin bergantung pada internet. Hal ini pun menarik banyak penulis SEO untuk melahirkan lebih banyak karya. Selain itu, indikator penilaian sebelumnya tentu tidak lepas dari kekurangan sehingga Google selalu melakukan perubahan untuk menyempurnakan produknya ini.

Oleh karena itu, Anda perlu mengunjungi Google Search Central secara berkala. Di sana, perusahaan teknologi raksasa itu membagikan informasi seputar produk-produknya, termasuk SEO.

Kesimpulan

Itulah 6 langkah optimasi SEO yang dapat Anda lakukan sendiri. Namun, jika sudah menyangkut masalah teknis dan Anda tidak memiliki keahlian di bidang itu, meminta tolong pada teman yang memahaminya adalah langkah mudah dan murah dibandingkan mempekerjakan orang untuk itu.

About The Author

Nayanika Eleanor

Freelance content writer

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *