Select Page

Membangun Citra Sekolah Untuk Meningkatkan Branding Sekolah

Membangun Citra Sekolah Untuk Meningkatkan Branding Sekolah

Membangun brand image sekolah

Dalam branding sekolah, membangun brand image adalah hal yang sangat penting.

Apa itu brand image ?

Brand image atau bisa disebut juga citra brand adalah sebuah upaya pengelolaan suatu brand agar mendapat kesan mendalam dan positif di mata konsumen. Hal ini tentu sangat dibutuhkan saat anda akan mem-branding sekolah. Itu karena penilaian konsumen atas sebuah brand didapat dari feedback yang muncul melalui kesan audiens terhadap apa yang telah anda berikan.

Penilaian ini tidak bisa muncul secara tiba-tiba, melainkan dalam jangka waktu tertentu setelah adanya interaksi antara brand sekolah dan audiens. Artinya, audiens anda baru bisa memberikan penilaian setelah mengetahui atau mendapati suatu hal yang didapatkannya dari sekolah anda.

Contoh : jika disekolah anda banyak siswa yang pintar dan sering mengikuti lomba cerdas cermat, pasti hal ini menimbulkan citra yang bagus di mata masyarakat.

Karena jika sekolah anda memiliki brand image atau citra yang bagus, maka itu menunjukkan bahwa kualitas dari sekolah anda tidak perlu diragukan lagi. Citra yang bagus juga akan memberikan dampak kemudahan branding sekolah anda dalam hal marketing. Selain itu citra positif akan membuat brand sekolah anda semakin terpercaya dan kredibel.

Contoh kecilnya adalah saat anda ingin membeli barang, tentu anda akan mencari brand yang memberikan pelayanan bagus dan produk yang berkualitas, bukan? Sebaliknya, anda pasti enggan membeli barang dari brand dengan citra yang buruk dan negatif. Lantas, bagaimana cara membangun brand image yang positif?

1 6

Pengelolaan brand sekolah

Hal ini bisa dilakukan dengan upaya serta langkah positif dengan meningkatkan kualitas prestasi akademik maupun non akademik. Semakin audiens merasa bahwa mereka akan mendapatkan hasil yang luar biasa baik dari segi akademik maupun non akademik dari sekolah anda, maka citra sekolah anda pun akan semakin meningkat.  Peningkatan kualitas brand atau brand value ini perlu anda lakukan secara berkepanjangan dan terus menerus. Tujuannya adalah untuk mempertahankan loyalitas audiens.

Citra audiens terhadap brand sekolah anda juga bisa terjadi melalui adanya interaksi antara sekolah dan audiens. Interaksi ini tidak dibatasi hanya pada bagaimana anda menanggapi kritik dan saran yang diberikan oleh audiens anda terhadap apa yang anda tawarkan atau berikan.

Lingkungan sekitar sekolah Lingkungan disekitar sekolah juga dapat menjadi pertimbangan audiens, hal ini juga tentu berpengaruh terhadap citra sekolah, contohnya jika sekolah tersebut berada pada lingkungan yang kumuh, maka audiens akan merasa kurang nyaman dengan kondisi sekitarnya sehingga berdampak pada citra sekolahan yang dianggap kurang bersih. Bahkan hanya karena lingkungan yang kurang mendukung, sekolah bisa mendapat citra yang kurang bagus.

Lingkup pengajar Pengajar adalah salah satu hal yang dapat membuat citra suatu sekolah terlihat bagus atau kurang di mata masyarakat. Pengajar yang baik akan menghasilkan hasil yang baik, persepsi tersebut rasanya sudah tak asing di lingkup pendidikan. Untuk itu, akan sangat berhubunga antara kualitas guru dengan citra sekolah.

Terjangkau secara finansial Ini adalah hal yang paling lumrah yang terjadi dan tak dapat dipungkiri bahwa harga miring dapat membuat audiens merinding. Mereka akan memberikan citra positif hanya dikarenakan murah dalam beberapa brand bahkan untuk sekolah. Namun hal yang harus diingat adalah. Murah bukan berarti segalanya.

Hal pertama yang harus diperhatikan tentunya adalah kualitas.Ada kualitas ada harga Pernahkah kita mendengar istilahnya ?  Rasanya hampir semua orang pasti pernah. Untuk tingkat pendidikan, branding murah bisa lumrah dilakukan, namun jangan lupa bahwa kualitas haruslah yang diutamakan. Murah tapi berkualitas ? Mungkin itu adalah hal yang jarang ada, namun bukan berarti tidak ada Jika anda mampu memberikan persepsi murah dan berkualitas, maka hal tersebut akan melonjakkan citra anda di mata masyarakat.

Berbicara lebih jauh tentang citra brand, maka rasanya cita brand hampir sama dengan identitas brand. Namun sebenarnya keduanya berbeda. Identitas brand adalah cara brand menggambarkan dirinya di depan audiens. Sedangkan citra brand merupakan persepsi audiens atas brand anda atau identitas brand anda. Untuk itulah Identitas dan Nilai Brand yang kuat juga akan menjadi nilai tambah untuk citra sekolah anda.
Apa keuntungan citra sekolah yang baik ?

1. Memberikan kesan pertama atau first impression yang kuat

Contoh : Sekolah anda memiliki akreditasi A dan menjuarai lomba cerdas cermat tingkat nasional. Ini akan memberikan persepsi yang sangat luar biasa kepada audiens anda, bahkan sebelum sudiens tersebut melihat hal hal yang lain.  First impression memang tak selalu berujung pada kesuksesan untuk mempengaruhi audiens. Namun, first impression bisa membuat brand anda terlihat berkualitas dan terpercaya.

2. Meningkatkan Brand Recognition

Brand recognition merupakan kondisi di mana audiens akan dengan mudah mengenali brand Anda. Brand recognition dianggap berhasil ketika orang mampu mengenali brand sekolah anda melalui isyarat visual atau pendengaran seperti logo, slogan, kemasan, warna, atau jingle.

Pengukuran untuk mengetahui apakah brand telah memiliki brand recognition yang baik dapat dilekaukan dilakukan melalui riset. Ini dilakukan untuk menentukan keberhasilan strategi brand recognition yang dijalankan.

Ada beberapa cara untuk membuat brand recognition pada sekolah anda :

  • Bagikan konten sesering mungkin.
  • Berinteraksi dan terlibat aktif dengan konsumen.
  • Ikut serta menjadi bagian dari event atau campaign yang skalanya lebih besar.
  • Bentuk komunitas dengan konsumen.

 

Contoh brand recognition adalah misalnya saat melihat logo apel, maka pelanggan akan mengenalinya sebagai brand Apple. Begitu pula saat melihat logo centang, audiens akan mengenalinya sebagai Nike.  Meski terkesan remeh, namun hal ini memberikan dampak besar untuk proses brandingsekolah anda. Melalui branding yang kuat, maka pelanggan pun akan bisa mengenali dan membedakan brand sekolah anda dengan yang lainnya Jika pelanggan bisa mengenali brand anda hanya dari logo atau hal lain tanpa secara langsung diberikan nama, maka artinya citra brand sekolah anda sudah kuat.

3. Meningkatkan Brand Equity

Brand Equity atau ekuitas brand mempunyai hubungan dengan Value sebuah brand. Anda bisa melihat artikel tentang value brand sekolah disini Brand equity dalam cakupan branding sekolah adalah nilai lebih suatu sekolah dibandingkan brand kompetitor. Nilai ini dilihat dari nama brand tersebut yang lebih dikenal. Brand Equity dapat memaksa orang secara sukarela untuk tetap memakai atau membeli tanpa memperdulikan harga.

Hal ini secara sistematis ada dalam pikiran audiens dimana mereka akan cocok jika memakai suatu brand ini, jadi audiens akan terus mengkonsumsi brand tersebut bahkan jika harganya terbilang mahal. Bahkan lebih jauh dari itu, brand equity dapat memaksa orang secara sukarela untuk memilih suatu brand yang bisa saja kualitasnya tak jauh berbeda dengan kompetitornya. Namun keterikatan perasaan audiens dengan suatu brand tertentu dapat membuatnya akan tetap pada brand tersebut.

Itulah pentingnya sebuah citra dalam branding sekolah. Perlu dicatat bahwa citra yang baik akan dengan sangat mudah mempengaruhi perasaan audiens nya. Jadi, memperbagus citra adalah langkah yang tepat untuk mempermudah marketing brand sekolah anda.

Baca juga : WAJIBNYA DIFERENSIASI UNTUK BRANDING SEKOLAH ISLAM

About The Author

Permana Wijaya

“Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *