
Wajib Kamu Coba! Ini Strategi Instagram Marketing di 2023

Bagi orang yang bekerja menggunakan media sosial pasti harus memahami strategi instagram marketing. Dalam perjalanannya, Instagram memberikan pengaruh yang sangan besar pada dunia bisnis. Hingga sekarang, Instagram telah mempunyai lebih dari 700 juta pengguna yang sekaligus menjadikan Instagram sebagai aplikasi yang paling populer. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Instagram mempunyai manfaat untuk mengembangkan bisnis.
Mungkin dari kita banyak yang belum mengerti dan bertanya-tanya mengenai bagaimana cara menjalankan strategi Instagram marketing yang efektif untuk bisnis kamu. Nah, di artikel ini, kami akan membahas tuntas mengenai strategi Instagram marketing untuk bisnis.
Baca juga: 7 Cara Mudah Promosi Produk di Instagram
Pahami Cara Kerja Instagram Marketing
Instagram marketing merupakan cara pemasaran produk atau jasa yang dilakukan di media sosial Instagram. Seperti yang kamu ketahui, Instagram merupakan media sosial yang mengandalkan konten visual, sehingga perlu melakukan pendekatan yang berbeda dibandingkan dengan media sosial lainnya. Oleh karena itu, kita harus tahu bagaimana cara kerja dari Instagram marketing. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, inilah cara kerja Instagram Marketing yang meliputi beberapa tahapan sebagai berikut:
-
Mempelajari Target Audience
Sebelum memulai kampanye Instagram marketing, perlu untuk memahami target audience. Hal ini meliputi menentukan usia, gender, lokasi, minat, dan preferensi target audience Anda.
-
Menggunakan Influencer
Influencer atau selebriti media sosial dapat membantu meningkatkan visibilitas bisnis dengan mempromosikan produk atau layanan mereka melalui akun Instagram mereka.
-
Mengukur Keberhasilan Kampanye
Bisnis dapat mengukur keberhasilan kampanye Instagram mereka dengan mengamati jumlah pengikut, suka, komentar, dan konversi yang terjadi sebagai hasil dari kampanye tersebut.
Ingin mahir dalam Instagram marketing? Daftar saja di Good Class. Platform digital marketing yang lengkap dan harganya yang tentu bersahabat di kantong
Optimasi Akun dan Profil Bisnis
Langkah yang kedua untuk menjalankan strategi Instagram marketing yang efektif yaitu optimasi akun dan profil bisnis, beberapa hal yang harus dilakukan yaitu:
-
Ubah Akun Menjadi Akun Bisnis
Hal ini merupakan hal yang wajib untuk dilakukan karena dengan merubah jenis akun menjadi akun bisnis, dapat memberi kesan professional. Selain itu, dengan akun bisnis, kamu bisa mengakses fitur insight, Fitur insight yaitu fitur yang berfusngsi guna menganalisis serta memberikan statistik mengenai akun kamu.
Apabila akun kamu masih menggunakan jenis akun pribadi, kamu bisa mengubahnya dengan masuk ke menu Pengaturan, klik Akun dan Beralih ke Akun Profesional.
-
Pilih Username yang Singkat dan Mudah Dikenali
Dalam strategi Instagram marketing, kamu dapat menggunakan username dengan nama brand kamu, hal ini juga agar brand kamu mudah ditemukan orang.
-
Tulis Bio yang Menarik dan Informatif
Kamu dapat menjelaskan seperti apa bisnis kamu serta manfaat bisnis kamu dalam bio Instagram. Apa bila target audiens bisnis merupakan generasi muda, kamu bisa menambahkan emoji supaya lebih santai. Jangan lupa masukkan juga call to action (CTA) dalam akhiran bio akun bisnis kamu.
Buatlah Konten dengan Kualitas Baik
Dalam strategi Instagram marketing, konten yang berkualitas baik adalah kunci untuk menarik perhatian followers dan potensial customers. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat konten Instagram yang berkualitas:
-
Gunakan kamera yang baik
Untuk menghasilkan foto atau video yang berkualitas, Anda perlu menggunakan kamera yang baik. Anda bisa menggunakan kamera smartphone atau kamera digital. Pastikan kamera Anda menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi.
-
Pertimbangkan pencahayaan
Pencahayaan adalah faktor penting dalam menghasilkan gambar atau video yang baik. Pilih waktu yang tepat dan tempat yang terang untuk mengambil foto atau video. Jika memungkinkan, gunakan pencahayaan buatan seperti lampu sorot atau lampu studio.
-
Tulis caption yang menarik
Caption adalah bagian yang penting dalam konten Instagram Anda. Buatlah caption yang menarik dan kreatif, namun tetap relevan dengan gambar atau video yang Anda posting.
Manfaatkan Instagram Stories
Instagram stories memang berbeda dengan Instagram feeds, selain durasi tayang, posisi stories juga terletak di atas feed kamu. Dengan adanya perbedaan ini. membuat Instagram stories punya keunggulan dalam strategi Instagram marketing, diantaranya yaitu:
- Meskipun Stories hanya tersedia selama 24 jam, namun konten tersebut masih dapat disimpan di handphonemu dan digunakan kembali pada waktu yang lain.
- Mencoba menggunakan filter atau stiker yang tersedia untuk memperindah Stories.
- Kamu juga dapat mengalami dengan alat-alat gratis seperti Canva untuk membuat konten story yang lebih menarik.
- Dapat menandai akun orang lain hal ini berguna jika kamu bekerja sama dengan influencer atau merek lain.
- Kamu dapat membuat Stories kapan saja sesuai dengan keinginanmu.
Kesimpulan
Berdasarkan artikel ini, kita dapat menyimpulkan bahwa Instagram tetap menjadi salah satu platform pemasaran yang penting bagi bisnis di tahun 2023. Untuk memanfaatkan Instagram secara optimal, penting untuk menggunakan strategi Instagram marketing yang tepat. Apabila bisnis kamu telah menerapkan strategi Instagram marketing yang tepat, bisnis kamu dapat meningkatkan brand awareness, meningkatkan interaksi dengan pelanggan, dan memperluas jangkauan pasar secara signifikan.