
Teknologi Kekinian Untuk Meningkatkan Branding Sekolah

Dalam branding sekolah ada faktor faktor yang harus diperhatikan untuk memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap proses branding sekolah anda. Faktor tersebut bisa didapat dengan cara berbayar. Memang dalam prosesnya, digital branding adalah salah satu cara yang murah untuk mem-branding sekolah. Namun faktor berbayar dibawah ini bisa menjadi referensi anda untuk membuat branding sekolah anda melejit dengan cepat.
SEO
SEO atau Search Engine Optimization berkaitan erat dengan website yang telah kita bahas sebelumnya. Fungsinya adalah untuk membuat brand sekolah anda menjadi sangat mudah ditemukan oleh mesin pencarian Google.
Mendapatkan posisi paling atas di hasil pencarian akan meningkatkan visibilitas brand sekolah anda karena orang-orang pasti dengan mudah mengunjungi website sekolah anda.
Selain itu hasil pencarian juga dapat meningkatkan kredibilitas brand sekolah anda. Banyak audiens dunia maya yang percaya bahwa brand yang berada di posisi pertama di hasil pencarian berarti sangat kredibel dan berkualitas.
Anda bisa memulai SEO brand sekolah anda dengan Pedoman Webmaster Google, yang menjelaskan bagaimana Google mengindeks dan memberi peringkat situs. Berikut adalah tip utama mereka:
- Pastikan bahwa setiap halaman web sekolah dapat dijangkau dengan tautan dari halaman lain yang dapat ditemukan.
- Batasi jumlah tautan pada satu halaman hingga paling banyak seribu.
- Desain halaman untuk pengguna, bukan mesin pencari.
- Pertimbangkan apa yang membuat situs web sekolah anda berguna dan menarik.
- Pantau terus situs wes sekolah anda dari tautan rusak dan peretasan.
Gunakan alat pencarian kata kunci seperti Ubersuggest, Ahrefs atau Keyword tool untuk menemukan kata-kata yang sering dicari yang dapat anda gunakan untuk memastikan skema dan mengoptimalkan brand sekolah anda dalam mesin pencari. Anda juga bisa menggunakan meta tag (potongan teks yang menggambarkan isi halaman) agar dapat lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari
Pastikan untuk menyertakan sejumlah tautan aktif yang baik melalui konten anda sehingga situs web sekolah anda akan tampak lebih dalam hasil pencarian. Mesin pencari seperti Google memperhitungkan semua ini, sehingga sebisa mungkin perhatikan dengan seksama dalam menemukan SEO anda sehingga brand sekolah semakin mudah ditemukan
ONLINE ADVERTISING
Pasti anda pernah menjumpai iklan di setiap aplikasi yang anda jalankan. Bahkan iklan juga dapat ditemukan saat anda mengunjungi sebuah situs di Google.
Lalu apakah iklan ini efektif ??
Ya tentu saja, iklan kerap kali di pasang dalam aplikasi, website, dan sosial media dengan tujuan untuk menarik masyarakat agar pada kahirnya membuka website anda dan membeli produknya. Lalu bagaimana jika hal ini diterapkan untuk brand sekolah ?
Apakah bisa ?
Tentu saja bisa. Jika menarik garis dalam pengertian brand yang sudah kita bahas sebelumnya, maka Online advertising atau pengiklanan adalah langkah yang cerdik untuk mengiklankan sekolah anda. Jika dikemas dengan rapi dan bagus, bukan tidak mungkin masyarakat akan tertarik dan mengunjungi website anda untuk melihat lebih jauh tentang sekolah anda.
Anda dapat menggunakan cara dibawah ini untuk mengiklankan brand sekolah anda, yakni :
- Search engine ads: Iklan ini bertujuan agar website sekolah anda meraih posisi bagian atas di halaman situs seperti Google, sehingga pelanggan melihat produk atau brand anda terlebih dahulu.
- Display ads: Iklan ini adalah spanduk yang dapat diklik yang akan di temukan di laman web di seluruh internet.
- Social media ads: Facebook, Tiktok, dan Instagram, semuanya menawarkan berbagai cara untuk “mensponsori” konten. Anda dapat membayar untuk beriklan. Dengan memakai sosial media sebagai ads maka postingan tentang sekolah anda akan secara otomatis bisa muncul di feed masyarakat luas.
INFLUENCER MARKETING
Ini adalah langkah terakhir dan tak terbantahkan. Peran influencer dalam membangun branding sekolah anda memang sangat powerful. Menggunakan Influencer sebagai salah satu strategi dalam branding sekolah bisa dikatakan powerful karena mereka memiliki followers atau pengikut yang banyak untuk memposting brand sekolah anda.
Bahkan Sociabuzz baru-baru ini melakukan riset ke berbagai marketer terkait tren influencer marketing yang semakin marak digunakan untuk mempromosikan produk. Dalam laporan risetnya SociaBuzz melakukan jajak pendapat kepada 82 marketer, baik pemasar untuk merek, agensi, startup, dan toko online. Ternyata marketer menjawab, lebih memilih bekerja sama dengan “selebriti internet”, dibandingkan dengan artis, dalam mempromosikan produknya.
Untuk proses pemilihan influencer marketing juga tidak terlalu susah karena pada hari ini, para influencer sudah banyak dan dapat dengan mudah ditemukan. Anda juga dapat menggunakan jasa para alumni yang telah menjadi Influencer untuk membranding sekolah anda.
Namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat akan memilih Influencer untuk marketing brand anda bahkan jika Influencer tersebut adalah alumni sekolah anda sendiri
Berikut adalah hal hal yang harus anda perhatikan, diantaranya:
- Memilih seorang influenceryang sesuai dengan visi dan misi sekolah anda. Ini adalah hal penting, sebab anda tidak ingin bekerjasama dengan influencer makanan untuk membranding sekolah anda bukan? Karena influencer adalah manusia, mereka mungkin memiliki pandangan yang tidak sesuai dengan brand sekolah anda.
- Mintalah mereka untuk membicarakan brandsekolah anda pada para followers nya, bisa melalui endorsement atau dalam bentuk video marketing. Sebisa mungkin opsi video marketing dapat dipenuhi. Itu dikarenakan, 48% masyarakat mempercayai rekomendasi dalam bentuk video advertising online menurut data terakhir dari Nielsen Global Trust in Advertising Report.
Alasannya, karena video marketing penuh dengan audiovisual yang membuat konten menjadi lebih mudah untuk dikonsumsi oleh audiens sehingga dapat lebih menarik perhatian mereka. Dan bentuk video yang tidak kaku (tidak seperti teks yang berisi tulisan), juga kerap mengundang masyarakat untuk melihat lebih jauh isi video tersebut, yang tentunya ini menjadi nilai plus untuk lebih mempromosikan brand sekolah anda
Head of Digital Strategy di Sun Life Financial Indonesia, Hera Laxmi megakui bila Influencer marketing merupakan salah satu instrumen penting dalam melakukan branding. Hal ini berkat sifatnya yang “soft selling” dan memiliki kekuatan persuasif guna mempengaruhi audiens dengan cara yang ‘halus’.
Ada berbagai macam influencer yang bisa Anda jadikan pilihan, berikut enam jenis influencer berdasarkan jumlah follower:
- Mikro adalah influencer dengan jumlah follower sekitar 10 ribu orang.
- Makro adalah influencer dengan jumlah follower lebih dari 100 ribu.
- Premium adalah Top influencer dengan jumlah follower terbanyak.
Baca juga : MENGAPA SEKOLAH HARUS GO DIGITAL BRANDING ?
Dan ada berbagai penyebutan yang harus anda ketahui mengenai para Influencer didunia maya selain aktris atau aktor, diantaranya adalah :
- Youtuber
Youtuber bekerja dengan mengunggah video ke YouTube tentang suatu informasi, termasuk informasi produk.
- Selebgram atau selebritis Instagram
Selebgram adalah public figure yang menggunakan Instagram sebagai media promosi.
- Tiktokers
Sesuai namanya, Tiktokers adalah selebgram yang menggunakan Instagram sebagai media promosi.
- Blogger
Blogger memberikan informasi tentang sebuah produk lewat konten tulisan di blognya.