Select Page

Wajibnya Diferensiasi Untuk Branding Sekolah Islam

Wajibnya Diferensiasi Untuk Branding Sekolah Islam

 

Dalam dunia branding, diferensiasi adalah pembeda. Lalu apakah branding sekolah islam juga terikat dengan diferensiasi ? maka jawabannya adalah

Ya, tentu saja.

Bukankah semua sekolah hampir memiliki sesuatu yang sama ?

Bukankah pelajaran mereka juga sama ?

Pertanyaan seperti itu mungkin bisa dipahami, mengingat semua sekolah baik sekolah umum maupun sekolah islam memiliki lebih dari 60 % kemiripan dikarenakan ada pada jalur yang sama.

“Sedikit lebih beda lebih baik dari pada sedikit lebih baik” Pandji Pragiwaksono dalam salah satu acara.

Kata kata ini tak berlebihan rasanya mengingat di dunia ini banyak sekali jenis produk atau jasa yang mirip. Namun sama bukan berarti tidak dapat berbeda.

Maka disitulah branding bekerja.

Branding akan membungkus sekolah anda, dengan visi, misi dan segala yang sekolah anda punya menjadi lebih baik,terlihat rapid dan berbeda.

Lalu kenapa beda itu terlihat penting ?

Setiap brand harus terus berbeda untuk bertahan. Branding sekolah pun harus selalu berevolusi untuk terus berenang dalam trend dan teknologi yang terus berkembang tanpa menghilangkan karakteristik mereka. Branding sekolah harus menjawab pertanyaan bagaimana sebuah brand sekolah mampu dilihat dan dipahami oleh audiens agar tetap relevan dengan kehidupan mereka.

Menjadi berbeda juga bisa diartikan menarik perhatian. Menarik perhatian disini bukan kemudian hanya dengan menjadi viral. Memang pada kenyataannya menjadi viral itu bagus. Namun ketika sebuah konten menjadi viral dengan cara yang tidak direncanakan, itu bisa menimbulkan masalah.

Misalnya, anda sedang membuat konten yang terlihat berbeda dan menarik untuk brand sekolah anda. Namun konten tersebut nyatanya malah menjadi viral dalam artian negatif di mata audiens, konten tersebut memberikan tekanan yang tidak diinginkan oleh audiens anda. Maka tentu saja konten yang awalnya ingin berbeda dan menarik malah sekarang menjadi boomerang untuk branding sekolah anda sendiri. Anda bisa saja kehilangan audiens utama anda karena hal ini.

1 12

Memang benar kita tidak bisa memuaskan semua audiens kita dengan sebuah perubahaan dan perbedaan. Perubahan dan perbedaan ini bisa saja disambut oleh sebagian orang dan ditentang oleh sebagian yang lain. Namun dalam branding sekolah, kita juga harus terus berevolusi dan menyesuaikan diri dengan feedback yang telah diberikan audiens kepada kita.

Jadi berbeda bukan sesuatu yang harus dihindari hanya untuk kata “bermain aman” Bahkan jikan anda “bermain aman”, bukan berarti anda bisa lepas dari penentangan. yang terjadi. Bisa saja stigma audines akan menyebut anda kurang kreatif atau sama saja dengan brand lain yang serupa. Untuk itulah berbeda itu sangat penting. Tentunya dengan menyesuaikan diri dengan berbagai macam keadaan sehingga bisa dipertimbangkan. Namun dengan menjadi berbeda, baik itu dalam skala besar atau kecil, anda akan mendapatkan feedback dari para audiens yang merasa tertarik dalam artian positif atau bahkan dalam negatif.

Perubahan branding sekolah tidak bisa dilakukan hanya karena niat baik agar terlihat berbeda tanpa memahami mengapa anda ingin perubahan tersebut, apa yang anda harapkan dari audiens terhadap perubahan tersebut, target apa yang ingin dicapai dengan membuat perubahan dalam branding sekolah anda, dan apa yang ingin anda capai dengan perubahan branding tersebut. Menjadi berbeda tidak secara otomatis membuat itu terlihat lebih menarik, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan.

Anda harus selalu bersikap rasional dalam mengukur sejauh mana sebuah branding sekolah perlu ada perubahaan untuk menjadi berbeda dari sebelumnya dan berbeda dari yang ada di sekitarnya. Menjadi berbeda bisa dilakukan dengan memetakan perubahan yang diusulkan oleh audiens dibandingkan dengan apa yang dilakukan competitor Selain itu ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk menjadi berbeda

1.     Kondisi apa yang membuat anda harus merubah brand sekolah atau strategi marketing brand sekolah anda hingga terlihat berbeda dari sebelumnya ? 

Terkadang kita harus mempelajari apa yang terjadi di lingkungan sekitar sebelum meutuskan untuk berbeda. Selain itu kita juga harus tau apakah perubahan yang terjadi di lingkungan ini bisa selaras dengan perubahan yang akan kita berikan. Kita ambil contoh : di lingkungan sekolah anda sedang diadakan tradisi grebeg suro, anda ingin ikut ambil bagian untuk mempromosikan brand sekolah anda. Anda tidak mungkin memilih untuk menampilkan paduan suara. Jika kita menilik pada apa yang disebut berbedak untuk menarik perhatian, mungkin anda bisa menampilkan al-banjari dengan kombinasi lagu khusus, ini kemungkinan besar akan menghibur lebih dari marching band yang sudah menjamur. Jadi mengetahui apa yang terjadi lingkungan untuk memperkanalkan brand sekolah harus selaras dengan perubahan yang kita berikan, tidak hanya asal ingin terlihat berbeda.

2.     Apa yang tidak boleh berubah? (konstanta yang mendorong kode merek Anda) 

Ini tentu berkaitan dengan visi dan misi sekolah anda. Seperti yang kita bahas di chapter sebelumnya tentang identitas dan nilai brand ( Klik ini jika anda belum membaca ) maka  prinsip yang dipegang tidak boleh dirubah dengan mudah.  Bahkan anda harus membuat sebuah visi dan misi yang bisa sesuai dengan berbagai perkembangan zaman sehingga hal tersebut bis direpresentasikan pada brand sekolah anda. Jadi berkaitan hal yang tidak boleh dirubah adalah identitas dalam brand yang menunjukkan karakteristik anda, sehingga akan menjaga image anda didepan audiens. Selain berkaitan dengan identitas, hal hal yang tidak boleh diubah bisa jadi berhubungan dengan hal hal yang sudah paten seperti adat dan tradisi yang ada di lingkungan anda.

Jika anda ingin mempromosikan brand anda agar bisa diterima, maka anda bisa menjadi beda tanpa menabrak hal hal yang sudah paten dalam lingkungan anda. Kedua hal tersebut bisa menjadi perhatian untuk anda dalam mempertimbangkan sebuah brand untuk menjadi beda, atau ketiak anda akan mulai marketing untuk brand anda.  Memang dalam membuat brand terlihat berbeda bukanlah hal mudah.

Apalagi kompetitor dalam dunia pendidikan sangat banyak. Namun sebelum memutuskan untuk pasrah bahkan menyerah, mari kita lihat tips beserta contoh dari apa yang disebut sebagai sebuah proses dibawah ini

Tips 1 . : Menjadi lambat dalam dunia kecepatan.

Tunggu dulu !! Jangan selalu berfikir yang negatif tentang lambat Tidak semua hal yang terlihat lambat itu buruk. Dalam dunia branding tidak semua yang cepat bisa sukses dengan cepat pula. Kita ambil contoh jam Rolex , Rolex membutuhkan waktu satu tahun untuk diproduksi. Persepsi bahwa diperlukan proses yang lebih lama untuk membangun arloji terbaik dunia memperkuat nilai yang dirasakan.

Lalu apa yang bisa diambil dari nilai tersebut untuk branding sekolah ?  Jawabannya adalah konsisten, jika anda konsisten untuk terus branding walaupun dengan audiens yang tidak terlalu banyak dan anda selalu berusaha agar audiens anda terus bersama anda maka itu adalah langkah yang tepat daripada anda dengan sekejap membuat banyak audiens namun tidak ingin kembali lagi. Untuk itulah, membangun sebuah brand sekolah ke masyarakat bukanlah hal mudah, namun juga bukan merupakan  hal yang mustahil untuk emndapatkan hasil yang diinginkan.

Tips 2 : Perluas daya tarik anda.  Temukan audiens yang belum dimanfaatkan dalam kategori Anda dan, dengan menarik mereka. Kita ambil contoh Apple yang melihat apa yang tidak dilihat orang lain. Tidak ada yang meminta iPhone, tetapi audiens yang pada awalnya tidak tahu akhirnya tertarik ketika iPhone diperkenalkan sebagai nilai baru dalam dalam dunia ponsel.

Tips 3 : Pertahankan sesuatu yang ingin dipertahankan audiens anda.  Ini adalah hal yang harus diperhatikan dalan branding sekolah. Beberapa audiens mungkin menginginkan sesuatu A tetap ada, namun anda menilai bahwa sesuatu tersebut dianggap kurang diminati. Mungkin anda bisa me re-brand ulang atau merubah ulang utnuk kemudian dipromosikan kembali daripada menghapusnya. Karena sekecil apapun feedback yang diberikan oleh audiens anda itu sangat berarti dalam berlangsungnyha branding sekolah anda. Jumlah audiens yang sedikit tidak serta merta dikarenakan apa yang anda berikan kurang bagus. Bisa jadi itu dikarenakan apa yang anda berikan masih belum terdengar oleh cakupan audiens yang lebih luas. Maka itu re-brand akan terasa lebih tepat daripada menghilangkannya. Mempertahankan audiens adalah cara branding untuk bisa terus berinovasi di kemudian hari.

Baca juga: BAGAIMANA NILAI BRAND SEKOLAH ANDA DALAM MASYARAKAT ?

Jika anda memiliki branding yang kuat dan berbeda di mata masyarakat. Maka hal tersebut dapat menjadi daya tarik. Sehingga, brand sekolah anda lebih mudah untuk diterima masyarakat dengan cakupan lebih luas.

Berbeda akan menarik audiens melihat kita. Brand yang kuat dan berbeda tak hanya bisa menarik audiens namun juga mengikatnya karena audiens akan merasa seperti mereka menemukan sesuatu yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya.

About The Author

Permana Wijaya

“Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *